About

Rabu, 10 April 2013

Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM


Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM


Metode Pembelajaran
| Strategi danModel PembelajaranPAIKEM – Ada beberapa model dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM. Keselurahannya dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dan dapat dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat terjadi proses pembelajaran.
Namun demikian, hendaknya guru melakukan upaya pengembangan, improvisasi, modifikasi dan atau mencaristrategi, metode dan model yang dipandang sesuai dan tepat. Guru juga hendaknya memahami bahwa diantara sekian banyak strategi dan metode pembelajaran aktif  (active learning) –PAIKEM, tidak ada yang benar-benar ideal. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan atau kekurangannya sendiri. Satu strategi dan metode pembelajaran sangat mungkin cocok dan pas untuk sebuah situasi proses pembelajaran, namun belum tentu cocok untuk situasi dan materi serta kelas yang berbeda.
Dalam menerapkan metode strategi dan model pembelajaran, guru hendaknya menerapkannya secara variatif. Artinya, guru tidak selalu menerapkan Strategi dan Model Pembelajaran PAIKEM secara monoton dan itu-itu saja. Mengkombinasikan dua atau lebih strategi dan metode pembelajaran aktif (active learning) sangatlah tepat. Pengkombinasian dua metode dan strategi tersebut dalam satu proses pembelajaran akan sangat menunjang optimalisasi pencapaian tujuan.
Agar tidak terjadi kekeliruan dalam menentukan metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) maka ketika memilih metode dan strategi mana yang hendak diterapkan, seorang guru harus memperhatikan dan mencermati Kompetensi dasar yang hendak disampaikan.
Penggunaan dua model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) adalah sangat sesuai dengan prinsip dasar PAIKEM, yaitu pembelajaran variatif. Dalam proses pembelajaran harus diterapkan variasi metode, variasi strategi, variasi media, dan variasi sumber belajar.

23 Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM

Berikut ini adalah Strategi dan Model Pembelajaran PAIKEM yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran aktif (active learning). Metode dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM dapat dijadikan alternatif-alternatif metode, model dan strategi pembelajaran.
  1. Everyone is a Teacher Here (setiap peserta didik adalah guru)
  2. Writing in the Here and Now (menulis pengalaman secara langsung)
  3. Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
  4. The Power of Two & Four (menggabungkan dua atau empat kekuatan)
  5. Information Search (mencari informasi)
  6. Point – Counterpoint (beradu pandangan sesuai perspektif)
  7. Reading Guide (membaca terbimbing)
  8. Active Debate (debat aktif)
  9. Index Card Match (Mencari pasangan kartu tanya jawab)
  10. Jigsaw Learning (Belajar melalui tukar delegasi antar kelompok)
  11. Role Play (bermain peran)
  12. Debat Berantai
  13. Listening Team (tim pendengar)
  14. Team Quiz (pertanyaan kelompok)
  15. Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil)
  16. Card Short (menyortir kartu)
  17. Gallery Walk (pameran berjalan)
  18. Jeopardy Game
  19. Ceramah Plus
  20. Question Students Have
  21. Giving Question and Getting Answers
  22. Planted Question
  23. Firing Line
Demikianlah beberapa metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM, semoga mengingatkan Anda kembali jika lupa.
Penjelasan mengenai metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM di atas akan dilakukan di waktu-waktu yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar